UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN BRAINSTROMING PADA BIDANG STUDI BIOLOGI DI KELAS XI MIA-5 SEMESTER II SMAN 1 PERCUT SEI TUAN

Linda Seri Murni Sitohang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi hasil belajar siswa antara lain: hasil belajar siswa siswa  di kelas XI MIA-5 pada mata pelajaran biologi  dengan menerapkan model pembelajaran Brainstroming. Dilakukan pada kelas XI MIA-5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 38 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 24. Lalu dilakukan  tes hasil belajar  Postes I dan Postes II  hasilnya  masing-masing menunjukkan 68 dan  87. Merujuk pada ketuntasan bahwa rerata hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan tuntas sebesar 47,2% dan Siklus II tuntas sebesar  86,8%.

 

Kata Kunci         : Model Pembelajaran Brainstroming, Hasil Belajar, Tuntas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2168

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Linda Seri Murni Sitohang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.