PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA MATERI MENGAPRESIASI PEMENTASAN DRAMA DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 7 MEDAN

Marni Zuliana

Abstract


   Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah sebanyak 36 orang. Adapun hasil penelitian yakni : 1) Perbandingan aktivitas antara siklus I dan siklus II dijabarkan sebagai berikut: a. Aktivitas individual menulis, membaca dari 37,8% menjadi 28% ;b. Aktivitas mengerjakan LKS  dari 29,4% menjadi 5 ;c. Aktivitas bertanya pada teman dari 6 ,1% menjadi 14 % ;d. Aktivitas bertanya pada guru dari 10,6 % menjadi 2 ;e.  Aktivitas yang tidak relevan dengan KBM  dari 16,1 % menjadi 4%.  2) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata kelas 70 dengan ketuntasan klasikal 58,3% meningkat menjadi rata-rata 82 dengan ketuntasan klasikal 86,1%.

 

Kata Kunci : Make A Match, Hasil   Belajar, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6496

Article Metrics

Abstract view : 418 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Marni Zuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.