PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PERBAIKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX-4 SMP NEGERI 7 MEDAN

Akhmad Idham Khalik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yakni : 1) Hasil belajar siswa pada Formatif I dan II 14 orang siswa tuntas , sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 26 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 71 dan 81 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 46,7% pada siklus I dan 86,7% pada siklus II; 2) Aktivitas mengerjakan LKS (47% siklus I menjadi 52,5% siklus II), aktivitas bertanya pada teman ( 10,5% siklus I menjadi 14,5% siklus II), aktivitas menjawab pertanyaan teman (10,5% siklus I menjadi 14,5% siklus II). Serta aktivitas bertanya pada guru (15,5% siklus I menjadi 10% siklus II) dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM (16,5 siklus I menjadi 8,5 siklus II).

 

Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Think-Pair-Share


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6497

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Akhmad Idham Khalik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.