PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 PAYUNG T.P. 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa. Subjek dalam penelitian berjumlah 26 orang. Data keterampilan mengamati dari 56% menjadi 90%, mengumpulkan data dari 56% menjadi 92%, keterampilan menganalisis dari 55% menjadi 90%, keterampilan menginterpretasi dari 53% menjadi 86%, mengkomunikasikan hasil dari 61% menjadi 90%. Data afektif kejujuran naik dari 58% menjadi 88%, disiplin naik dari 60% menjadi 89%, tanggung jawab naik dari 60% menjadi 90%, ketelitian naik dari 58% menjadi 89%, kerjasama naik dari 59% menjadi 87%. Pada siklus I, 15 siswa mendapat ketuntasan belajar, persentasi kelulusan sebesar 57,6% dengan rata-rata 72,3. Pada siklus II, 23 siswa mendapat tuntas, ketuntasan sebesar 88,4% dengan rata-rata 85,3.
Kata Kunci : Hasil Belajar Psikomotorik, Hasil Belajar Kognitif, Model
Pembelajaran Discovery Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i1.6499
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 209 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Linda .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.