UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO 060857 KEC. MEDAN TEMBUNG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri di kelas IV SD. Subjek penelitian ini berjumlah 33 siswa. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi guru dan siswa, dan lembar tes hasil belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah pedoman observasi dan evaluasi/tes hasil belajar, tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk tes pilihan berganda. Pada pre tes diperoleh nilai rata-rata adalah 45,15. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,96 dengan perincian dari 33 siswa bahwa 18 siswa (54,54%) sudah tuntas dan 15 siswa (45,46%) belum tuntas belajar. Siklus II diperoleh nilai rata-rata 88,18 bahwa 31 siswa ( 93,93%) sudah tuntas belajar dan 2 siswa (6,07%) belum tuntas belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v5i2.6507
Article Metrics
Abstract view : 402 timesPDF - 226 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Wesly Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.