PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS IV SDN 018 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 018 Langgini Kabupaten Kampar: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di SDN 018 Langgini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN 018 Langgini Kabupaten Kampar, dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil pembahasan dan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hasil belajar siswa sebelum tindakan dengan rata-rata sebesar 50% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus I mendapatkan 63,6% kategori cukup dengan siswa yang tuntas 21 siswa. Siklus II mendapatkan rata-rata 84,5% kategori baik dengan siswa yang tuntas 28 siswa.
Kata kunci : Model Group Investigation, Hasil Belajar, IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v7i1.6576
Article Metrics
Abstract view : 534 timesPDF - 265 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yenni Fitra Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.