ANALYSE DE L’IDÉE PRINCIPALE DES FAITS DIVERS DU JOURNAL LE PARISIEN

Gemina Juni Eka, Evi Eviyanti, Zulherman M.Pd.

Abstract


ABSTRAK

Gemina Juni Eka, No du Rég 2123131020, Analyse de l’Idée Principale des Faits Divers du journal Le Parisien. Mémoire. Section Française du Département de la Langue Étrangère. Faculté de Lettres et d’Arts. Université de Medan. 2017.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi ide pokok yang ditemukan di dalam artikel berita kecelakaan, pembunuhan dan kebakaran serta mengetahui  penempatan ide pokok berita di dalam artikel berita prancis le parisien. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan teori Jocelyne Giasson dan artikel berita prancis le parisien sebagai sumber penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 29 ide pokok implisit di dalam artikel berita dan 47 ide pokok eksplisit di dalam artikel berita prancis le parisien, yang terdiri dari jenis topik berita yaitu kecelakaan dan pembunuhan. 29 ide pokok adalah sont implisit karena informasi penting tidak disampaikan melalui paragraf yang ada di dalam teks berita. Sebagai contoh, paragraf pertama memberikan informasi tentang kecelakaan sebuah pesawat, paragraf kedua menmberikan informasi tentang pendapat dari keluarga para penumpang, paragraf ketiga memberikan informasi tentang kronologis kecelakaan. Sehingga ide pokok dari setiap paragraf harus disimpulkan sendiri oleh pembaca karena di dalam sebuah paragraf mengandung beberapa informasi penting tetapi tidak mengenai topik yang sama. Ide pokok dari 47 paragraf adalah eksplisit karena informasi penting diberikan oleh penulis di dalam paragraf secara langsung. Semua kalimat memberikan informasi penting di dalam sebuah paragraf dengan topik berita yang sama. Penempatan ide pokok yaitu, 22 ide pokok terletak di awal paragraf, 4 ide pokok terletak di pertengahan paragraf, 3 ide pokok terletak di akhir paragraf, dan sebuah ide pokok terletak di awal dan di akhir paragraf.

 

Kata Kunci :ide pokok , artikel berita, surat kabar le parisien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/hxg.v6i1.7662

Article Metrics

Abstract view : 189 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright ©2021 Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni & Association des Professeurs de Français d'Indonésie (APFI)