PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBIASAN CAHAYA DI KELAS X SMAN 20 MEDAN T.P. 2013/2014

Wirakaryati ., Jurubahasa Sinuraya

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu animasi flash terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA N 20 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MS-1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu animasi flash dan kelas X MS-2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvesional. Desain penelitian ini adalah two group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option  sebanyak 20 soal dan lembar observasi aktifitas belajar siswa. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 77,66, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,44. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw berbantu animasi flash terhadap hasil belajar siswa. Bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih dari pada kelas kontrol.

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, hasil belajar, aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i4.2129

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.