PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTERII SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015

Rano Karno Nainggolan, Nurdin Siregar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok  suhu, kalor dan perpindahan kalor serta melihat aktivitas siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pre-testt-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar sebanyak 8 soal dalam bentuk uraian. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu, kalor dan perpindahan kalor.

 

Kata Kunci  : Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar, Aktivitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i1.5432

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.