PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU ANIMASI FLASH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiry training berbantu animasi flash terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok fluida dinamis. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes design. Sampel kelas diambil dengan metode random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA -4 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah soal 7 buah yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan lembar observasi aktivitas keterampilan proses sains. Berdasarkan Hasil penelitian di dapat nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 18,78 dan rata-rata hasil postest sebesar 72,45, sedangkan Nilai rata-rata kelas kontrol untuk pretest adalah 16,81 dan nilai rata-rata postest sebesar 66,48. Perhitungan Aktivitas siswa dengan rata-rata observasi aktivitas yaitu 67,2% pada kategori aktif. Dari uji hipotesis menggunakan uji-t postest di peroleh adanya pengaruh signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : model pembelajaran, fluida dinamis, keterampilan proses sains.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i4.9217
Article Metrics
Abstract view : 242 timesPDF - 307 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.