PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER GENAP SMA CERDAS MURNI TEMBUNG T.P 2014/2015

Ratna Tanjung, Siti Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery menggunakan media peta pikiran pada materi pokok listrik dinamis. Metode penelitian adalah  quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X Semester Genap SMA Cerdas Murni Tembung yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, dengan kelas X MIA2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA1 sebagai kelas kontrol. Selama proses pembelajaran, nilai rata-sata hasil belajar siswa adalah. Berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran guided discovery menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis.


Full Text:

PDF

References


Akanmu, M.A., & Fajamidagba, M.O., (2013), Guided-discovery Learning Strategy and Senior School Student Performance in Mathematic in Ejigbo Nigeria.Journal of Education and Practice 4: 82-89.

Arikunto,S., (2009), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Bruner, J.S., (1960), The Process of Education, Harvard University Press, Cambridge.

Sugiyono., (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Syah, M., (1996).Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Trianto.,(2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Zulhelmi., (2009), Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika Melalui Penerapan Penemuan Terbimbing di SMA Negeri 20 Pekanbaru, Jurnal Geliga Sains 3 : 8-13.




DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2687

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

P-ISSN : 2461-1247     |       E-ISSN : 2477-5142

Flag Counter