Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Lembing Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016

Arsil Arsil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lempar lembing yang didapat siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016 melalui gaya mengajar resiprokal. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Berdasarkan hasil tes lempar lembing sebelum siklus yang dilakukan pada siswa kelas kelas VIII A  SMP Negeri 3 Nipah Panjang Kabupaten Tanjabtim Tahun Ajaran 2015/2016. Dari 27 siswa terdapat 5 siswa (18,51%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 40,50. Hasil dari siklus I terdapat 16 siswa (59,25%) dari 27 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 64,12. Di siklus II terdapat 23 siswa (85,18%) dari 27 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 86,80. Dapat dikatakan melalui penerapan gaya resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Adi, Winendra, 2008. Seni Olahraga Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta: Edisi Revisi V

Arikunto.S, dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Brotosuryo, dkk, 1992. Perencanaan Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D-II dan Pendidikan Kependudukan Bagian Proyek Penataran Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-II

Husdarta dan Syahputra Y.M, 2000. Belajar Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dektoriat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Bagian Proyek Penataran Setara D-III

Jarver, Jess, 2009. Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung: Pionir Jaya

Kristiyanto, Agus, 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jawa Tengah: UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS

Kurniawan, Feri, 2011. Buku Pintar Olahraga. Jakarta: Laskar Graha

Mosston, Muska, 1999. Teaching Physical Education, Diterjemahkan Oleh Sudjarwo dan Furqon, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret

Muklis, 2007. Olahraga Kegemaranku Atletik. Klaten: PT. Intan Pariwara

Nurkancana, W, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Propayanda, D. Rahmad, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Stradlle Melalui Model Pembelajaran Bermain Pada Siswa Kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2014/2015. Jambi: Universitas Jambi.

Rahayu, T. Ega, 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Cv.

Alfa Beta

Ridwan, Iwan, dkk, 2008. Atletik. Surakarta: PT. Widya Duta Grafika

Samsudin, 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera Prenada Media Group

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Supandi, 1992. Strategi Belajar Mengajar Penjas. Jakarta: Depdikbud

Suryosubroto B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta.Rineka Cipta

Wiarto, Giri. 2013. Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24114/pjkr.v2i2.9591

Article Metrics

Abstract view : 362 times
PDF - 276 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Arsil Arsil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal Physical Education, Health and Recreation

Program Studi PJKR - Universitas Negeri Medan
Website : http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpehr
Email : pjkr@unimed.ac.id

Journal Physical Education, Health and Recreation is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License