PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

Ridarni Yanti

Abstract


Seorang guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang baik untuk melaksanakan semua tugas mulai perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran evaluasi pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja; (2) pengaruh persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja; (3) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru produktif; (4) pengaruh persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru produktif; dan (5) pengaruh kinerja motivasi guru untuk bekerja secara produktif. Subyek penelitian adalah guru SMP Tanjung Morawa Kabupaten Kabupaten Deli Serdang dengan sampel total 152 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random proporsional sampling. Metode penelitian adalah analisis jalur bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis menyimpulkan: (1) pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja dengan thitung> ttabel (3,114> 1,645); (2) pengaruh persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional terhadap motivasi kerja dengan thitung> ttabel (2,863> 1,645); (3) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru produktif dengan thitung> ttabel (2,466> 1,645); (4) pengaruh persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru produktif dengan thitung> ttabel (2,370> 1,645); dan (5) pengaruh kinerja motivasi guru untuk bekerja secara produktif dengan thitung> ttabel (6,205> 1,645). Hasil penelitian menggambarkan budaya organisasi, persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional, dan motivasi kerja kinerja efek guru dari 33,7% dan sisanya keadaan tertentu lainnya. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja guru untukĀ mempertimbangkan budaya organisasi, persepsi kepala sekolah kepemimpinan transformasional, dan motivasi dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah




Keywords


Budaya organisasi, persepsi prinsip kepemimpinan transformasional, Motivasi, Kinerja guru

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4582

Article Metrics

Abstract view : 341 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.