PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Sunani ., Dina Ampera

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan modul sulam pita berbasis kompetensi pada mata pelajaran keterampilan kerajinan di SMP Negeri 5  Percut Sei Tuan  sebagai media pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dan menggunakan tahap pengembangan Borg and Gall. Pengembangan modul sulam pita berbasis kompetensi dengan 7 langkah sebagai berikut :  (1)  Analisis kebutuhan,  (2) Mengembangkan produk awal,  (3) validasi ahli dan revisi,  (4) Uji coba perorangan ,  (5) Uji coba kelompok kecil,  (6) Uji lapangan ,  (7) Produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Validasi ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan dalam  kriteria sangat baik (80,15%),  (2) Validasi ahli media dalam kriteria sangat baik (95,14%),  (3) Validasi ahli desain dalam kriteria sangat baik (96,13%), (4) Uji coba perorangan dalam kriteria sangat baik (88,61%),  (5) Uji coba kelompok kecil dalam kriteria sangat baik (94,44%),  (6) uji lapangan dalam kriteria sangat baik  (95,56%). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran sulam  pita layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan kerajinan siswa kelas VIII SMP.

Kata Kunci : Pengembangan,  Modul,  Sulam pita

Abstract : This study aimed to: Develop a competency-based modules ribbon embroidery on the subjects of craft skills in SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan as a medium of learning craft skills in class VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. This study is a Research and Development (R & D) and using the Borg and Gall development stage. Development of competency-based ribbon embroidery module with 7 steps as follows:  (1) Analysis of needs,  (2) To develop the initial product,  (3) The expert validation and revision,  (4) The test individuals,  (5) The test small groups,  (6) Test field,  (7) the final product. The results showed: (1) Validate Craft Skills subject matter experts in the criteria very good (80.15%),  (2) Validation of media experts in the criteria very good (95.14%),  (3) Validation expert in the design criteria very good (96.13%), (4) trials in the criteria of very good individuals (88.61%),  (5) trial was a small group in a very good criterion (94.44%), (6) a field test in a very good criterion (95.56%). Thus, the development of instructional media ribbon embroidery fit for use in learning the craft skills of eighth grade students of SMP.

 

Keywords : Develop,  Module,  Ribbon Embroidery.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5018

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 913 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.