PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MTs. SWASTA DARUL MURSYID TAPANULI SELATAN

Husnil Walad

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Swasta Darul Mursyid. Pemilihan sampel dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 37 butir soal (2) lembar gaya berpikir belajar siswa sebanyak 15 item. Instrumen tersebut telah memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk serta koefisien reliabilitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan uji Anava 2x2 sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari hasil perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rara-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan Pembelajaran Multimedia Macromedia Flash adalah 26.36, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia PowerPoint 22.5, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, (2) perhitungan yang diperoleh yang dapat dilihat dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Abstrak adalah 29.95, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki gaya Berpikir Konkrit adalah 20.00. Maka H0 ditolak, dan Ha diterima. (3) diperoleh hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dilihat hasil uji ANAVA yaitu Hasil Belajar siswa tidak Terdapat interaksi penggunaan multimedia dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Bahasa Inggris

 

Kata Kunci: Pembelajaran Multimedia Macromedia Flash, Multimedia PowerPoint, Hasil belajar

 

Abstract: This study is a quasi-experimental research. The population in this study were all students of VIII class of Private MTs Darul Mursyid. Sample selection are randomly. The instrument used consisted of: (1) achievement test used in this study as many as 37 multiple-choice items (2) the student's learning style thinking as much as 15 items. The instrument has qualified content validity and construct validity and reliability coefficients. The data were analyzed using descriptive statistics and inferential analysis. Inferential analysis of data performed by Anava test 2x2 independent samples. The results showed that: (1) from the calculation results can be seen from the results obtained that average student learning outcomes are taught using learning Multimedia Macromedia Flash are 26.36, while average student learning outcomes are taught using learning Multimedia PowerPoint are 22.5, so that Ho refused and Ha accepted, (2) the estimates can be seen from the results obtained that the average student learning outcomes that have style Abstract Thinking are 29.95, while the average student learning outcomes that have style Concrete Thinking are 20.00, then Ho is rejected, and Ha accepted. (3) the results of research conducted by the researchers can be seen the results of ANAVA that student learning outcomes are meaning, There are no interactions multimedia usage and style of thinking in influencing the outcomes of learning English.

 

Keywords: Learning Multimedia Macromedia Flash, Learning Multimedia PowerPoint, Learning outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8763

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.