PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN MATERI BENTUK MUKA BUMI DI KELAS VII SMP SWASTA PEMBANGUNAN GALANG T.A 2011/2012

Hetti T. Simanjuntak

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktifitas siswa dengan menggunakan media audiovisual pada pembelajaran materi bentuk muka bumi di Kelas VII-A SMP Swasta Pembangunan Galang, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audiovisual pada pembelajaran materi bentuk muka bumi di Kelas VII-A SMP Swasta Pembangunan Galang.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Swasta Pembangunan Galang dengan subjek penelitian yaitu siswa Kelas VII-A yang berjumlah 33 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan komunikasi tidak langsung, sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada peningkatan persentase rata-rata aktifitas belajar siswa sebesar 8,44 % dari siklus I sebesar 73,52 % meningkat menjadi 82,06 % pada siklus II yang diajar dengan menggunakan media audiovisual pada pembelajaran materi bentuk muka bumi di Kelas VII-A SMP Swasta Pembangunan Galang, (2) Ada peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa sebesar 15,15 % dari siklus I sebesar 84,85 % meningkat menjadi 100 % pada siklus II yang diajar dengan menggunakan media audiovisual pada pembelajaran materi bentuk muka bumi di Kelas VII-A SMP Swasta Pembangunan Galang.

 

Kata kunci : media, audio visual


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v1i1.490

Article Metrics

Abstract view : 195 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.