NORMALIZED DIFFERENCE BUILT-UPINDEX (NDBI) SEBAGAI PARAMETER IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN PERMUKIMAN KUMUH PADA KAWASAN PESISIR DI KELURAHAN KALANG KAWAL, KECAMATAN GUNUNG KIJANG, KABUPATEN BINTAN

Adenan Yandra Nofrizal

Abstract


Permukiman merupakan bagian dari lingkungan hidup diluar kawasan lindung, baik yang berupa kawasan perkotaan maupun perdesaan yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung prikehidupan dan penghidupan. Sedangkan permukiman kumuh merupakan lingkungan hunian yang kualitasnya sangat tidak layak huni, ciri-cirinya antara lain; letaknya tidak sesuai dengan peruntukan tata ruang, kepadatan bangunan tinggi, luas lahan terbatas, rawan penyakit sosial dan lingkungan, kualitas bangunan rendah, prasarana lingkungan tidak sehat, persampahan membahayakan penghuninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan permukiman kumuh yang berada pada kawasan pesisir dengan menggunakan citra landsat-8 OLI. Parameter yang digunakan untuk deteksi permukiman kumuh pada kawasan pesisir adalah Normalized Difference Built-up Index (NDBI). Lokasi penelitian ini adalah kawasan pesisir di Kelurahan Kalang Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perkembangan permukiman kumuh pada kawasan pesisir pantai dapat dideteksi dengan menggunakan citra Landsat-8 OLI dengan menggunakan parameter NDBI.

Kata Kunci: Permukiman Kumuh, Kawasan Pesisir, NDBI


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/tgeo.v6i2.8572

Article Metrics

Abstract view : 2672 times
PDF - 3431 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright ©2020 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan Ikatan Geograf Indonesia (IGI)

Creative Commons License


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.