PENGARUH LATIHAN MATA TERTUTUP TERHADAP PENINGKATAN KEKOMPAKAN DAN KEBENARAN GERAK PENCAK SILAT KATEGORI REGU PADA ATLET PENCAK SILAT UNESA

Achmad Rizanul Wahyudi, Luthfi Athallah

Abstract


Olahraga pencak silat adalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang memiliki berbagai macam kategori, salah satunya nomor kelompok terdapat kategori seni regu. Dalam kategori seni penguasaan gerakan adalah kunci utama memperoleh nilai yang tinggi, dalam kategori seni terdapat beberapa penilaian yang pertama adalah kebenaran gerak jurus yang di mainkan, yang kedua yaitu kemantapan bergerak yang meliputi stamina, power serta kekompakan bergerak pada seni regu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen sejenis yang artinya penelitian ini menggunakan treatment atau perlakuan setelah adanya Pretest dan PostTest Setelah Treatmeant, penelitian ini dilaksanakan di laboratorium pencak silat Gor Internation Unesa Lidah. Sampel pada penelitian ini terdapat tiga atlet pencak silat yang ekspert di kategori regu dengan perguruan yang berbeda beda yang berada di unit kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yaitu dari Pencak Organisasi, PSHT dan Jokotole.Hasil penelitian menunjukan rata rata nilai yang di peroleh dari regu putri adalah 443 dan nilai akhir 454 mendapatkan rata rata 448,5 dengan standart deviasi 7,78. Jika dilihat dari hasil persentase peningkatan 2,48%. Peningkatan hasil latihan dengan mata tertutup ini jika dilihat dan dihitung sesuai rumus maka hasilnya tidak signifikan atau hasilnya sangat kecil hal ini diperkuat dengan adanya uji T atau uji beda yang menghasilkan nilai T hitung lebih kecil dari T tabel yaitu f(2) = 2,92 sedangkan T hitung memperoleh 1,35, namun hasil evaluasi yang sudah di uraikan secara tertulis oleh juri di sebutkan bahwa adanya peningkatan yang lebih baik dari hasil tes sebelumnya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18449

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter