PEMBELAJARAN DARING GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SUMATERA UTARA TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif yang bertujuan mengungkap bagaimana pembelajaran daring yang dilakukan para guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) selama learning from home akibat Covid19 di Sumatera Utara.Responden dalam penelitian ini sebanyak 106 guru PJOK yang tersebar di 33 Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Utara.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah angket, angket tersebut disusun dalam google form kemudian disebarkan secara online untuk diisi oleh responden.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif (deskriptif persentase). Dalam penelitian ini ada 4 (empat) aspek yang menjadi fokus penelitian yaitu aspek penguasaan guru PJOK terhadap informasi dan teknologi, aspek layanan guru PJOK dalam menjalankan proses pembelajaran secara daring, aspek strategi guru dalam memenajemen pembelajaran daring agar siswa termotivasi dalam belajar, dan aspek penilaian yang dilakukan guru secara daring.Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan guru PJOK terkait informasi teknologi (IT) pembelajaran sudah dapat dikategorikan baik, dari 106 guru yang diobservasi, 60,8 % menerapkan pembelajaran online secara baik dan 39,2% dapat dikategorikan kurang.Rekomendasi atas hasil penelitian ini, diharapkan guru yang belum baik dalam pembelajaran daring agar terus berinovasi dan meningkatkan kompetensinya melalui berbagai pelatihan yang ada.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jik.v20i1.26289
Article Metrics
Abstract view : 395 timesPDF - 355 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN