PENGARUH LATIHAN SMALL SIDED GAMES TERHADAP PENINGKATAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PADA SISWA USIA12-14 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA PERFECT UNIMEDTAHUN 2018

Ardi Nusri, Angga Hidayatullah

Abstract


Small-sided games adalah permainan yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan pemain yang lebih sedikit dari pada permainan yang sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan teknik dasar sepakbola siswa SSB usia 12-14 tahun sekolah sepakbola Perfect Unimed. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one pre test-post test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SSB Perfect Unimed yang berjumlah 16 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Berdasarkan hasil analisis data uji-t berpasangan antara data pre-test dengan post-test diperoleh nilai significancy sebesar 0,000 (p< 0,05) yang berarti terdapat peningkatan yang signifikan teknik dasar sepakbola melalui latihan small-sided games pada siswa SSB usia 12-14 tahun sekolah sepakbola Perfect Unimed tahun 2018. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan latihan small sided games terhadap peningkatan teknik dasar sepakbola pada siswa SSB usia 12-14 tahun sekolah sepakbola perfect Unimed tahun 2018. Penelitian ini dapat membawa manfaat baik untuk siswa SSB, pelatih/peneliti, jurusan maupun untuk orang tua dan masyarakat umum.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v21i2.39964

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter