PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN OTENTIK ASPEK SIKAP SOSIAL DALAM PENDIDKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan seperangkat instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial dalam Pendiidkan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk sekolah dasar di Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengikuti prosedur dari Djaali dan Muljono. Instrumen yang dikembangkan adalah aspek sikap sosial yang terdiri dari jujur, kerja sama, percaya diri, disiplin, toleransi, sportivitas, dn menjaga keselamatan. Analisis kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memiliki validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian otentik aspek sikap sosial yang dikembangkan dapat digunakan secara luas dalam proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jik.v16i1.6898
Article Metrics
Abstract view : 606 timesPDF - 1401 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN