UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SHOOTING COLOUR PADA SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 5 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sayekti Sayekti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran sepak bola kelas VII-3 SMP Negeri 5 Sibolga sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan permainan shooting colour.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Sibolga tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random class. Sampel yang diambil adalah satu kelas dan diajarkan dengan pendekatan permainan shooting colour. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Dari hasil analisis data siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 21 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 61,76%. Pada pelaksanaan siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 26 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 76,47%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil pembelajaran sepak bola siswa dengan menggunakan pendekatan permainan shooting colour di kelas VII SMP Negeri 5 Sibolga.


Full Text:

HTML


DOI: https://doi.org/10.24114/jik.v16i2.8317

Article Metrics

Abstract view : 210 times
HTML - 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN

Flag Counter