IMPELEMENTASI SPORT EDUCATION MODEL DAN FAIR PLAY GAME TERHADAP SOCIAL SKILL SISWA DAN KETERAMPILAN BERMAIN TENIS MEJA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v19i1.18456Abstract
Pembelajaran pendidikan jasmani memiliki berbagai pelajaran yang dapat diaplikasikan dengan baik kepada siswanya, pengaplikasian sering kali terhambat karena rencana serta model yang digunakan tidak sesuai dalam pembelajaran, sehingga keterampilan sosial serta keterampilan bermain tenis meja tidak ada perubahan ke arah lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui adanya peningkatan atau tidak dengan menggunakan sport education model dan fair play game terhadap keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja pada siswa kelas 8 sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dengan menggunakan eksperimen, desain the randomized pretest-posttest control group dsesign. Instrumen yang digunakan adalah instrument validitas sosial, tes keterampilan bermain tenis meja. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kelompok eksperimen dengan menggunakan Sport Education Model dan fair play game untuk keterampilan sosial siswa sebesar 60% dan keterampilan bermain tenis meja sebesar 43%, sebaliknya kelompok kontrol yang menggunakan Sport Education Model denganĀ pendekatan tradisional untuk ketrampilan sosial siswa adanya peningkatan sebesar 10% sedangkan untuk keterampilan tenis meja 58%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Sport Education Model dan fair play game dan dengan pendekatan tradisional dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dan keterampilan bermain tenis meja.Downloads
Published
2020-06-12
Issue
Section
Articles