INTEGRASI PROGRAM SOCIAL EMOTIONAL LEARNING KE DALAM PROGRAM LATIHAN TARUNG DERAJAT UNTUK PENGEMBANGAN SOCIAL EMOTIONAL DALAM RANGKA POSITIF YOUTH DEVELOPMENT
DOI:
https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34443Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan perkembangan social emotional pada kelompok latihan tarung derajat yang terintegrasi social emotional learning, kelompok latihan tarung derajat yang nonintegrasi social emotional learning dan kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga dalam rangka pengembangan anak muda yang positif. Metode yang digunakan dalam penelatian ini adalah pretest-posttest control group design with more than one experimental group. Instrumen yang digunakan yaitu Social dan Emosional atau Non-kognitif Nationwide Assessment (SENNA). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh perkembangan social emotional pada kelompok latihan tarung derajat yang terintegrasi social emotional learning dan kelompok latihan tarung derajat yang non-integrasi social emotional learning. Sedangkan tidak terdapat pengaruh perkembangan social emotional learning pada kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga dalam rangka pengembangan anak muda yang positif. Berdasarkan hasil One Way ANOVA terdapat perbedaan perkembangan social emotional yang signifikan antara program latihan tarung derajat terintegrasi social emotional learning, latihan tarung derajat non-Integrasi social emotional learning dan kelompok yang tidak mengikuti latihan olahraga.Unduhan
Diterbitkan
2022-05-11
Cara Mengutip
Annisa, A. P., Ma’mun, A., & Juliantine, T. (2022). INTEGRASI PROGRAM SOCIAL EMOTIONAL LEARNING KE DALAM PROGRAM LATIHAN TARUNG DERAJAT UNTUK PENGEMBANGAN SOCIAL EMOTIONAL DALAM RANGKA POSITIF YOUTH DEVELOPMENT. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24114/jik.v21i1.34443
Terbitan
Bagian
Articles