PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERVIS BOLA VOLI KELAS IX SMPN 3 MALANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE iSPRING SUITE

Volleyball, iSpring Suite, Media

Penulis

  • Arif Ferdiansyah Universitas Negeri Malang
  • Dandy Novantua Nababan Prodi PPG Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ari Wibowo Kurniawan Prodi PPG Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68698

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran servis bola voli berbasis iSpring Suite untuk siswa kelas IX di SMPN 3 Malang untuk kemudian diukur tingkat validitasnya. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model ADDIE oleh Branch yang memuat 5 tahapan meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. 43 siswa SMPN 3 Malang menjadi subjek pada penelitian ini. Produk penelitian telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, serta telah diuji cobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba pada kelompok besar memperoleh nilai presentase sebesar 91%. Dengan demikian produk pengembangan media pembelajaran berbasis iSpring suite ini dapat dikategorikan sangat valid dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran PJOK di SMPN 3 Malang. Produk ini diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dalam memudahkan siswa kelas IX di SMPN 3 Malang dalam melaksanakan pembelajaran PJOK terutama materi servis bola voli.  Kata Kunci: : Bola voli, iSpring Suite, Media

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-09

Cara Mengutip

Ferdiansyah, A., Novantua Nababan, D., & Wibowo Kurniawan, A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SERVIS BOLA VOLI KELAS IX SMPN 3 MALANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE iSPRING SUITE: Volleyball, iSpring Suite, Media. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 24(2), 204–212. https://doi.org/10.24114/jik.v24i2.68698