Pengaruh Model Problem Basic Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pengetahuan Metakogitif Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firdaus W. (2010).Uji Coba Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekilas (Skimming). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI % UPSI Bandung, Indonesia.
Gassner, L. (2009). Developing Metacognitive Awareness- a modified model of a PBL Tutorial. Bachelor Thesis of Odontology in Oral Health.
Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 71-82.
Masek, A., & Yamin. S. (2011). The effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability. International Review of Social Sciences and Humanities. 2(1), 215-221.
Naim, M. (2009). Penerapan metode quantum learning dengan teknik peta pikiran (mind mapping) dalam pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah “Kreatif” 6 (1), 82-100.
Puspitasari, D., & Hardini, I. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta : Familia
Sa’adah, L.S. (2015). Pengaruh model pembelajaran Problem based learning terhadap keterampilan metakognisi, berpikir kritis, dan argumentasi ilmiah siswa kelas VIII SMP Pawiyatan Daha 2 Kediri materi sistem pernapasan manusia. Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS
Sadia, I.W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. 41 (2), 219-237.
Simamora, M. (2014). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Biologi Melalui Assesmen Pemecahan Masalah di SMA NEGERI 5 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Kependidikan FKIP Universitas Jambi. (Online), (http://www.e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C410049.pdf, diakses 20 Juli 2018.
Sudiarta, I.G. (2009). Pengembangan pembelajaran berpendekatan tematik berorientasi pemecahan masalah matematika terbuka untuk mengembangkan kompetensi berpikir divergen, kritis, dan kreatif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. 2 (4), 373-392.
Wicaksono, R., Akhdinirwanto, W.R., & Ashari. (2013). Peningkatan Kemampuan Metakognitif Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Smk Pancasila 1 Kutoarjo. Jurnal Radiasi. 3 (2), 182-185.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v8i1.11127
Article Metrics
Abstract view : 1457 timesPDF - 615 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jurnal Pendidikan Biologi: Journal of Biology Education by Department of Biology Education, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Medan. Dikelola oleh Jurnal Universitas Negeri Medan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2086-2245 | e-ISSN (Online) 2502-3810