Hasil Uji Coba Video Pembelajaran Mata Kuliah Kultur Jaringan Berbasis Masalah pada Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UMTS

Authors

  • Melvariani Syari Batubara Program Studi Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg dan Gall melalui 7 tahapan yaitu: (1) Pengumpulan data penelitian berupa nilai hasil belajar mahasiswa mata kuliah kultur jaringan, observasi, dan wawancara kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan dan dosen pengampu mata kuliah kultur jaringan, (2) Perencanaan berupa membuat sintak pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan membuat skenario setiap materi kultur jaringan, (3) Pengembangan produk awal berupa video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah, (4) Uji coba lapangan produk utama berupa uji teman sejawat, perorangan dan kelompok kecil oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan, (5) Revisi produk uji coba lapangan utama, (6) Uji coba lapangan skala luas berupa uji coba lapangan terbatas oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan, (7) Revisi produk final hasil uji coba lapangan skala luas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penilaian terhadap video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah yang telah dikembangkan dinilai œlayak digunakan dengan persentase rata-rata skor 76,7% oleh teman sejawat dosen. Hasil tanggapan mahasiswa dinilai œlayak digunakan, melalui uji coba perorangan dengan persentase rata-rata skor 75,6%, uji coba kelompok kecil 73,8%, dan uji coba lapangan terbatas 82%. Media video pembelajaran kultur jaringan berbasis masalah dikategorikan baik dan œ layak digunakan pada perkuliahan kultur jaringan.

Downloads

Published

2017-05-01