Pengembangan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Penemuan

Authors

  • Weni Astari Pendidikan Biologi Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6547

Abstract

Bertujuan untuk mengetahui perbedaan  tingkat keterampilan proses sains dasar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dan penemuan bebas dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA, di SMAN 1 Dewantara Kreung Geukuh Aceh Utara yang terdiri dari 8 kelas XI IPA, jumlah siswa kelas XI IPA sebanyak 240 siswa, sedangkan sampel penelitian yang berjumlah 90 siswa yang terbagi ke dalam 3 kelas paralel dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas 30 siswa. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan uji anakova. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat keterampilan proses sains dasar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (Fhitung = 34.488; P. = 0.000).

Downloads

Published

2017-04-01