KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TEMA KOMPONEN EKOSISTEM DAN JARING-JARING MAKANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, dan model konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SD Negeri 064985 pada tema komponen ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian True-Experiment dengan menerapkan perlakuan (treatment) model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada kelompok eksperimen (VA dan VB) dan model pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol (VC) yang masing-masing terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang telah valid. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji One Way Anova dan uji Tukey yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas dan model konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05 pada tema ekosistem dan jarring makanan siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, kemampuan berpikir tingkat tinggi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 550 timesPDF - 467 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.