PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VI SD NEGERI
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan Modul Tematik berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian.Subjek pada penelitian ini adalah tiga validator ahli (ahli media, ahli desain, dan ahli materi), kemudian guru dan siswa kelas VI di SD Negeri 102062 Bangun Bandar, dimana jumlah siswa kelas VI adalah 31 orang. Sebagai sample uji coba kelompok besar diambil siswa sebanyak 20 orang, kelompok sedang sebanyak 8 orang dan kelompok kecil sebanyak 3 orang yang diambil secara total sampling dengan kemampuan, jenis kelamin dan tingkat kecerdasan yang bervariasi utnuk diajarkan.Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 92,5%, ahli bahasa dinyatakan layak dengan persentase 83,02%, dan ahli desain dinyatakan sangat layak digunakan di lapangan dengan persentase 91,17%. Dalam penelitian ini kelayakan juga didapat dari angket respon siswa setelah siswa memakai dan mersakan produk yang trelah dikembangkan. Hasil angket respon siswa terhadap modul tematik berbasis inkuiri terbimbing juga dikatakan layak dengan persentase 77%. Hasil pretes siswa mencapai rata-rata skor 34. Sedangkan hasil postes setelah menggunakan media auduiovisual mencapai rata-rata skor 75,6. Untuk melihat efektivitas media audiovisual dengan menggunakan rumus N-gain dengan nilai N-Gain mencapai 0,63 dan dapat dikategorikan efektifitas sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa modul tematik berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan di kelas VI SD Negeri 102062 Bangun Bandar.
Kata Kunci : Modul, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 169 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.