ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI IPA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MEDAN

Lastama Sinaga, Khadijah Rusdiana Putri Harahap, Cindy A. P.Y Sihaloho, Imam Bukhari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi tentang strategi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada materi IPA selama pandemi Covid-19 di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden yang diambil dengan teknik non-probability sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk Google Form yang ditujukan kepada guru dan peserta didik SMP/SMA di Kota Medan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menemukan sebanyak 79 % dari 92 responden menjawab bahwa PJJ yang telah dilaksanakan kurang efektif karena banyak kendala yang dialami seperti isu finansial, sulitnya jaringan internet, masalah teknis maupun ketidakterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga strategi pelaksanaan PJJ cenderung mengarah kepada pemberian tugas atau latihan soal, sejalan dengan 58 responden yang memilih “memberikan dan mengerjakan latihan soal” pada pertanyaan strategi PJJ yang digunakan selama pandemi covid-19.

Kata Kunci : strategi pembelajaran jarak jauh, materi IPA, covid-19


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1342 times
PDF - 1261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.