ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATERI IPA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis informasi tentang strategi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada materi IPA selama pandemi Covid-19 di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 responden yang diambil dengan teknik non-probability sampling. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk Google Form yang ditujukan kepada guru dan peserta didik SMP/SMA di Kota Medan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menemukan sebanyak 79 % dari 92 responden menjawab bahwa PJJ yang telah dilaksanakan kurang efektif karena banyak kendala yang dialami seperti isu finansial, sulitnya jaringan internet, masalah teknis maupun ketidakterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga strategi pelaksanaan PJJ cenderung mengarah kepada pemberian tugas atau latihan soal, sejalan dengan 58 responden yang memilih “memberikan dan mengerjakan latihan soal” pada pertanyaan strategi PJJ yang digunakan selama pandemi covid-19.
Kata Kunci : strategi pembelajaran jarak jauh, materi IPA, covid-19
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1768 timesPDF - 1574 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.