ANALISIS PERAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP

Fernando Panggabean, Mariati P Simanjuntak, Mia Florenza, Lastama Sinaga, Sri Rahmadani

Abstract


Pengamatan pendahuluan dilakukan pada penelitian ini dengan mengamati berkas data penelitian yang paling banyak dilakukan dan dipublikasikan dalam berbagai jurnal nasional yang terakreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dengan video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA di SMP. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan penyaringan dengan ketentuan jurnal yang membahas tentang hasil belajar IPA SMP dengan memanfaatkan video pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari sepuluh artikel dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa 6 jurnal memiliki nilai effect size dalam kategori besar dan 4 jurnal menunjukkan effect size dalam kategori sedang. Rata-rata nilai effect size media video pembelajaran sebesar 1,37. Artinya bahwa pemanfaatan video pembelajaran dalam pembelajaran IPA di SMP memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar siswa. Implikasi pada penelitian ini yaitu metode ini dapat digunakan sebagai metode alternatif bagi guru sebagai tenaga pendidik dalam pembelajaran IPA agar hasil belajar IPA siswa SMP memenuhi capaian pembelajaran yang diharapkan.

Kata kunci: Media pembelajaran, video pembelajaran, hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 3477 times
PDF - 9754 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.