EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA PADA MATERI POLIMER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 1 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran kimia dengan metode praktikum terhadap hasil belajar kimia materi polimer. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia melalui metode praktikum. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum pelaksanaan siklus I dan siklus II, peneliti melakukan observasi yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar sebelum diterapkan metode praktikum. Pada siklus I, pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan rencana dan hasil yang didapat masih kurang dari indikator yang ditetapkan yaitu 70. Pada siklus II, sudah lebih baik dari pada siklus I karena peserta didik sudah terbiasa dengan metode praktikum. Dari hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik meningkat setiap siklus. Pada aspek kognitif meningkat sebesar 17.46 % yaitu dari 64.41% pada siklus I menjadi 81.87% pada siklus II, aspek afektif meningkat sebesar 8.67% yaitu dari 73.81% pada siklus I menjadi 82.48% pada siklus II dan aspek psikomotorik meningkat sebesar 14.79% yaitu dari 66.52% pada siklus I menjadi 81.31% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat melalui penerapan pembelajaran praktikum.
Kata Kunci: Efektivitas pembelajaran, praktikum, hasil belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 476 timesPDF - 313 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.