MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN TEHNIK MENERUSKAN CERITA PADA SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 MUNTE TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan metode meneruskan cerita dan bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan metode meneruskan cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel keterampilan menulis karangan narasi dan variabel teknik meneruskan cerita. Pengumpulan data dibagi menjadi dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan menggunakan teknik tes dan nontes dengan penerapan teknik pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan teknik meneruskan cerita pada siswa. Nilai rata-rata pada tahap siklus I adalah 67,8 pada siklus II menjadi 79,43. Hasil analisis data non tes menunjukkan adanya peningkatan perilaku siswa ke arah yang positif. Siswa jadi lebih antusias mengikuti pembelajaran menulis teks berita.
Kata kunci: Keterampilan menulis, karangan narasi, teknik meneruskan cerita
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 130 timesPDF - 73 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.