INTEGRASI SOSIAL SISWA SMA NEGERI 1 KABANJAHE DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL SMA
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial, dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti antara fenomena yang diuji. Ruang lingkup permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana integrasi sosial siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe ditinjau dari tingkat pendidikan formal masyarakat. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabanjahe, Kabupaten Karo yang berasal dari berbagai etnis berbeda. Berdasarkan hasil penelitian pada pengolahan data maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pendidikan formal siswa dapat mempengaruhi sikap integrasinya di sekolah. Semakin tinggi tingkat pendidikan formal anak, maka semakin tinggi kadar integrasi siswa terhadap siswa yang berbeda suku bangsa dengan mereka. Mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang heterogen mengandung potensi konflik yang cukup besar, maka dirasa perlu untuk terus menggalang kebersamaan (integrasi) antara manusia Indonesia yang berbeda latar belakang suku, agama, budaya asal daerah dan lain sebagainya semenjak dini di sekolah.
Kata Kunci: Integrasi sosial, pendidikan formal, etnis berbeda
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 184 timesPDF - 96 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.