PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk menyelidiki aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran tematik dengan materi konduktor dan isolator. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pendapat 71,42%; aktif dalam diskusi 71,42%; aktivitas untuk menjawab pertanyaan sebesar 85,71% serta membantu mengerjakan tugas sebesar 100%. Berdasarkan data hasil belajar siswa dengan materi konduktor dan isolator diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 42,85 meningkat menjadi 85,71 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 57,14% (kategori cukup) meningkat menjadi 100% (kategori istimewa) pada siklus II.
Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, konduktor dan isolator, aktivitas siswa, hasil belajarFull Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 224 timesPDF - 153 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.