PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATERI KONDUKTOR DAN ISOLATOR

Ida Sinaga

Abstract


Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk menyelidiki aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam pembelajaran tematik dengan materi konduktor dan isolator. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan aktivitas siswa dalam mengajukan pendapat 71,42%; aktif dalam diskusi 71,42%; aktivitas untuk menjawab pertanyaan sebesar 85,71% serta membantu mengerjakan tugas sebesar 100%. Berdasarkan data hasil belajar siswa dengan materi konduktor dan isolator diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 42,85 meningkat menjadi 85,71 pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan juga meningkat pada siklus I sebesar 57,14% (kategori cukup) meningkat menjadi 100% (kategori istimewa) pada siklus II.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif, konduktor dan isolator, aktivitas siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.