ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM BIDANG STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP

Dian Arisetya

Abstract


Analisis pelaksanaan kurikulum bidang studi pendidikan biologi dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa di SMP. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui analisis pelaksanaan kurikulum bidang studi pendidikan biologi dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Usia Tama Binjai. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Usia Tama Binjai pada kelas VIII. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah angket dan test yang diberikan kepada siswa SMP kelas VIII. Hasil dari penelitian ini diperoleh koefisien korelasi r = 0,617, ini berarti terdapat hubungang positif antara pola pelaksanaan kurikulum bidang studi pendidikan biologi dan prestasi belajar siswa sebesar 0,617. Koefisien korelasi antara 0,35 sampai dengan 0,65 menunjukkan hubungan sedang. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hubungan antara pola pelaksanaan kurikulum bidang studi pendidikan biologi dengan prestasi belajar siswa adalah hubungan dalam kategori sedang. Dengan r =0,617 diperoleh 2 = 0,381, yang berarti besar sumbangan yang diberikan pola pelaksaan kurikulum bidang studi pendidikan biologi terhadap prestasi belajar siswa adalah 38,1% .

Kata-kata kunci : kurikulum, pendidikan biologi, belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Sebuah Pendekatan Edukati. Jakarta: Rajawali Press.

Asmin. 1988. Analisa Keterampilan Bertanya Guru Pendidikan Biologi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penelitian. JP. Vol.1 (1) 21 Maret 1994.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. GBPP. 1995.

Hamid, Fuad Abdul dan Djawal Dahlan. 1992. 27 juni. Kurikulum Dasar Mengajar Anak Belajar Sambil Bermain. Republika, Hlm 3.

Hardjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Pendidikan Biologi. Jakarta: Depdikbud.

Hudojo, Herman. 1983. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Biologi. Surabaya: Usaha Nasional.

Ibrahim, R. dan Benny Karyadi. 1996. Pengembangan Inovasi dan Kurikulum Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 1999. Pengembangan Kurikulum. Teori dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Karnasi, Ida 2001. Prospek Pendidikan Pendidikan Biologi Di Sumatera Utara. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sehari. Departemen Agama Propinsi Sumatera Utara. Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, 5 November 2001.

Marpaung, Y. 2001. Implementasi Pendidikan Pendidikan Biologi Realistic di Indonesia. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sehari. Departemen Agama Propinsi Sumatera Utara. Asrama Haji Pangkalan Mansyur Medan, 5 November 2001.

Muhaimin, Yahya A. 2001. 7 Januari. Guru IPA dan Pendidikan Biologi Akan Diberdayakan. Sinar medan.

Nasution, Andi Hakim. 1999. 27 juni. Kuncinya: Perbaiki Kualitas Guru. Republika.

Popham, W. James dan Eva L. Baker. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Terjemahan oleh amirul hadi. 2001. Jakarta : Rineka Cipta.

Prydarsina, Vitriyani. 2001. Keyakinan Guru Tentang Pemecahan Masalah Pendidikan Biologi. http://www.Bpkpenabur.or.id/jelajah/01/keyakinan.htm.

Russefendi. E.t. 1982. Dasar-dasar Pendidikan Biologi Modern Untuk Guru. Bandung Tarsito.

Sarbian, H.M. 2002. 1-15 Mei. Visi baru pendidikan. Suara muhammadiyah, Hlm 9.

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk.1993. Metode Mengajar Pendidikan Biologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. 1992. Metode Statistic. Bandung : Tarsito.

Sukarti, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.