PEMBUATAN ECOENZYM SEBAGAI UPAYA PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA

Afika Nazurahani, Ribka Novita C. Pasaribu, Ayu Putri Ningsih

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada pembuatan ecoenzym dari sisa sampah organiK yang dihasilkan dari konsumsi limbah rumah tangga dengan menggunakan ampas buah-buahan seperti kulit buah jeruk, kulit buah pisang, dan sayur-sayuran seperti kangkung dan sereh yang  bertujuan untuk mengetahui hasil fermentasi ecoenzym yang menggunakan bahan baku buah jeruk dan pisang serta sayuran seperti kangkung dan sereh yang dicampur dengan larutan air gula merah. Kemudian difermentasi selama 3 bulan untuk menjadi larutan ecoenzym, dan sampel hasil fermentasi diamati. Ecoenzym adalah cairan dari hasil fermentasi sisa limbah organik berupa buah dan sayuran yang berwarna coklat muda, kadang agak gelap dan memiliki aroma khas hasil fermentasi, dimana larutan ecoenzym ini bermanfaat untuk berbagai kegiatan rumah tangga sekaligus dalam pengolahan air limbah dan juga dapat menjadi bahan pembersih  rumah tangga.

Kata Kunci: Ecoenzym, fermentasi, limbah buah dan sayur


Full Text:

PDF

References


Buckel, K. A. et al. (2009). Ilmu Pangan. Jakarta: UI-Press.

Chandra, Neila Yulie, dkk. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik Menjadi Bahan Pembersih Rumah Tangga. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Darma Persada, Jakarta. ISBN : 978-602-99618-9-8.

Destyana, L., Andari, P, A., & Endang, T,

M. (2020). Uji Organoleptik Produk Eco-Enzyme Dari Limbah Kulit Buah (Studi Kasus Di Kota Semarang). Seminar Nasional Edusainstek. FMIPA UNIMUS. ISBN : 978-602-5614-35-4.

Hasanah, Y. (2021). Eco enzyme and its benefits for organic rice production and disinfectant. Journal of Saintech Transfer. Vol.3 (2).

Marlinda, Nadir Mardhiya, dkk. (2021). Modifikasi sampah organik rumah tangga menjadi produk multi fungsi untuk kebutuhan rumah tangga. Community Empowerment. Politeknik Negeri Samarinda, Samarinda. Vol. 6 (9) : 1734- 1741. ISSN : 2621-4024.

Prabulingga, Elsinta Aknesia, dkk. (2020). Pengaruh Komposisi Ecoenzym Limbah Rumah Tangga Terhadap Mutu dan Lama Simpan Kersen dan Pisang Raja. Seminar Nasional Edusaintek. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang. ISBN: 978-602-5614-35-4.

Rochyani, Neny, Utpalasari, Laksmi, dkk. (2020). Analisis Hasil Konversi Ecoenzym Menggunakan Nenas (Ananas comosus) dan Pepaya (Carica papaya L.). Universitas PGRI Palembang, Palembang. Vol. 5 (2).

Win, Yong Chia. (2011). Eco-enzyme Activating the Earth’s SelfHealing Power. Malaysia: Summit Print SDN.BHD; 6,8,9- 14.


Article Metrics

Abstract view : 999 times
PDF - 1464 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.