PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII

Azwar Siregar, Halim Simatupang, Dinda Torul Syafura

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan model desain one-roup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 235 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, maka kelas yang terplih adalah kelas VIII-2 dengan populasi seluruh sampel adalah 34 siswa dan data siswa ini yang dipakai sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan instrumen tes essay yang berjumlah 10 butir berkriteria hots. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji t dan uji N-N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes adalah 32,23 dan nilai rata-rata posttes adalah 78,17, dengan perolehan nilai tersebut bahwa adanya peningkatan keterampilan berfikir kritis siswa setelah dilakukannya model pembelajaran berbasis inkuiri. Adapun besarnya peningkatannya adalah 31,6% dan perolehan data rata-rata N-N-gain termasuk kriteria sedang yaitu 0,68. Berdasarkan hasil analisis data yang sudah dilakukan, dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTS N 2 Padang Lawas Utara.

Kata kunci: Model pembelajaran inkuiri; berfikir kritis; Sistem peredaran darah manusia


Full Text:

PDF

References


Aljaafreh, I. J. A. R. (2013). The Effect of Using the Directed Inquiry Strategy on the Development of Critical Thinking Skills and Achievement in Physics of the Tenth Grade Students in Southern Mazar Jondan. Journal of Education and Practice, 4(27).

Asyari, M., Muhdar, M. H. I. Al, Susilo, H., & Ibro¬him, I. (2016). Improving Critical Thinking Skills through the Integration of Problem Based Learning and Group Investigation. Inter¬national Journal for Lesson and Learning Studies, 5 (1), 35–44.

Costa, A.L. (1985). Developing Minds A Resource Book For Teaching Thinking. Virginia: Association For Supervision And Curriculum Development.

Choy, S. C. & Cheah, P. K. (2009). Teacher perceptions of critical thinking among students and its influence on higher education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 20 (2). . 198-206.

Fahira, Mutia. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kecemasan Matematika dalam Belajar dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Peluang. 1, (2), 44.

Fong, C. J., Kim, Y., Davis, C. W., Hoang, T., & Kim, Y. W. (2017). A Meta-Analysis on Critical Thinking and Community College Student Achievement. Thinking Skills and Creativity, 26, 71-83.

Hmelo-Silver, C, E., & Barrows, H. S. (2006). Goals and Strategies of a Problem Based Learning Facilisator. Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(1)

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Gelven, Don R. & Stewart, Bob R. (2001). Developing Critical Thinking Skills of Tech Prep Students Using Applied Communications. The Journal of technology studies. Vol. 27, No. 2.

Julianda, Widiati, U., & Djatmika, E. T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(4), 460–467.

Kemendikbud. (2021). Surat keputusan panduan penyelenggaran pembelajaran di masa pandemi corona virus disease (covid19). Jakarta: Kemendikbud.

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Mutakinati, L., & Anwari, I. (2018). Analysis of Stu¬dents’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 7(1), 54–65.

Subiantoro, A W. & Bahrudin Fatkurohman. (2009). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi II Tahun XIV. 111-114.

Permendikbud. (2016). Standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Permendikbud.

Wijaya, Y., E., dkk., (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.Vol. 1 (1): 263-278.


Article Metrics

Abstract view : 289 times
PDF - 154 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.