PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO DENGAN APLIKASI INSTAGRAM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP
Abstract
Media Pembelajaran adalah sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Internet saat ini banyak digunakan oleh para pendidik, salah satu media sosial yang sering digunakan oleh peserta didik adalah media sosial instagram, namun sangat disayangkan banyak para pelajar menyalahgunakan media sosial. Maka dari itu perlu pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis video dengan aplikasi instagram bertujuan untuk mengetahui validitas media, respon peserta didik dan tenaga pendidik serta keefektifan media dalam meningkatkan hasil belajar. Pengembangan media pembelajaran menggunakan metode ADDIE, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: teknik wawancara, kuesioner atau angket dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji N-gain. Sampel dalam penelitian ini adalah satu dosen ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, guru IPA kelas VIII dan 30 peserta didik kelas VIII SMP N 25 Medan. Berdasarkan validasi ahli media, ahli pembelajaran dan ahli materi media layak digunakan, respon peserta didik dan guru sangat baik dan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang dapat terlihat dari perhitungan N-gain yaitu 0,72 kategori tinggi.
Kata kunci: Media pembelajaran, video, instagram
Full Text:
PDFReferences
Agung, M., dan Susri . (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED. 7 (2), 13-23.
Anwari, T., Ali, S., dan Andi., P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pemrograman Dasar Pasca. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 4 (1), 123-134.
Ayu, D., Retno, T., dan Farhan, M. (2019). Media Pembelajaran Powtoon Terintegrasi Nilai-nilai Agama Pada Pembelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter. Al-Adzka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9 (2), 65-74.
Fajar, W. (2021). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Alternatif IPA Dalam Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal keguruan dan ilmu pendidikan. 2 (2), 81-90.
Febriantika, F dan Norida, C. (2021). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (4), 1271-1282.
Kuswanto, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X. Jurnal Ilmiah Edutic. 6 (2), 78-84.
Kustandi, C., dan Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.
Maria, J., Carmen, R., dan Magdalena, R. (2020). Use of Instagram by Pre-Service Teacher Education: Smartphone Habits and Dependency Factors. International Journal Environmental Research and Public Health. 1-10.
Meuti, P, S. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fis IP Universitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial &Ilmu Politik. 4 (2), 1-13.
Nurvita, D, S., dan Abdul, b. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal. 3 (1), 23-36.
Priyantini, N, L., Kadek, S., dan Nyoman, L, J. (2021). Video Animasi dalam Pembelajaran IPA Materi Perubahan Suhu dan Wujud Benda. Jurnal Pedagogik dan Pembelajaran. 4 (2), 281-289.
Sukariasih, L, Sarah, L., dan Tika, L. (2020). Pengembangan Mutimedia Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Adobe Flash Profesional CS4 Pada Materi Zat Padat Di Alam. Jurnal Dedikasi Pendidikan. 4 (2), 289-304.
Veygid, A., Sandy, A., dan Wildan, S. (2020). Analisis Fitur Dalam Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelejaran Biologi Untuk Sisiwa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Biologi. 1 (1), 39-48.
Yusuf, D. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesi. 62-66.
Article Metrics
Abstract view : 617 timesPDF - 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.