PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN

Cynthia Marsela Tarigan

Abstract


Model pembelajaran Example Non Example yakni model pembelajaran dengan memakai alat dapat seperti gambar atauvideo sesuai dengan topik  pembelajaran. Penelitian inimemiliki tujuan mengetahui apakah diperoleh pengaruhmodel pembelajaran Example Non Example pada hasil belajar. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Design dengan responden sebanyak 50 orang dikelompokan menjadikelas eksperiment dan kelas kontrol. Sample berasal dari kelasVIII-1 dan VIII-2. Pemilihan kelas memakai Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dipakai yaitu wawancara, angket dan tes pilihan ganda dengan cara membandingkanPre-Test dan Post-Test. Data yang telah ada setelah itudianalisa serta disajikan pada bentuk tabel dan diagram.Dilaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas diperolehbahwa data normal dan homogen setelah itu uji hipotesismenggunakan uji-t. Untuk uji-t dengan pengambilankeputusan dalam uji Independent Samples Test diperolehdimana uji hipotesis diterima, nilai sig (2-tailed) (0,005) < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti ada pengaruhmodel pembelajaran Example Non Example kepada hasilbelajar peserta didik. Dengan perbedaan mean Post-Test darikedua kelas ialah eksperimen (82.6668) dan kontrol(73.0672). Yang artinya terdapat pengaruh terhadap hasilbelajar peserta didik yang memakai model pembelajaranExample Non Example. Jadi disimpulkan penggunaan model pembelajaran Example Non Example bisa memberikanpengaruh kepada peningkatkan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Anisa., (2012), Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2): 36-42.

Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani., (2011), Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, J., (2014), Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.

Krathwohl, D. R., (2002), A revision of Bloom’s Taxonomy, An overview, Theory intoPractice, 41(4): 212-218.

Kusuma, Y., Sulianto, J. & Purnamasari, V., (2018), Keefektifan Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas III, Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2): 167-172.

Lestiawan, F. & Johan, A. B., (2018), Penerapan Metode Pembelajaran Example Non

Example untuk Meningkatkan

Tarigan / Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia 3 (1) (2023) 38-43

Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar- Dasar Pemesinan, Jurnal Taman Vokasi, 6(1): 98-106.

Lufri, L., Amrianto, A. & Anhar, A., (2019), Pengaruh Metode Example Non Example terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup, Jurnal Ta’dib, 22(2): 99-10.

Nugroho, A., (2011), It’s Easy Olah Data dengan SPSS, Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Pratiwi, A. A., Agung, G. & Margunayasa (2019), Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Alat Praga terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2): 159-

Sinaga, A., (2018), Meningaktkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Example Non Example, Jurnal Global Edukasi, 1(6): 687-692.

Sugiyono., (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung: PT Alfabeta.

Wardika, K., Sulastri, M. & Dibia, K., (2014), Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , 2(1): 1-10.


Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.