PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN

Cynthia Marsela Tarigan

Abstract


Model pembelajaran Example Non Example yakni model pembelajaran dengan memakai alat dapat seperti gambar atauvideo sesuai dengan topik  pembelajaran. Penelitian inimemiliki tujuan mengetahui apakah diperoleh pengaruhmodel pembelajaran Example Non Example pada hasil belajar. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Design dengan responden sebanyak 50 orang dikelompokan menjadikelas eksperiment dan kelas kontrol. Sample berasal dari kelasVIII-1 dan VIII-2. Pemilihan kelas memakai Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dipakai yaitu wawancara, angket dan tes pilihan ganda dengan cara membandingkanPre-Test dan Post-Test. Data yang telah ada setelah itudianalisa serta disajikan pada bentuk tabel dan diagram.Dilaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas diperolehbahwa data normal dan homogen setelah itu uji hipotesismenggunakan uji-t. Untuk uji-t dengan pengambilankeputusan dalam uji Independent Samples Test diperolehdimana uji hipotesis diterima, nilai sig (2-tailed) (0,005) < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti ada pengaruhmodel pembelajaran Example Non Example kepada hasilbelajar peserta didik. Dengan perbedaan mean Post-Test darikedua kelas ialah eksperimen (82.6668) dan kontrol(73.0672). Yang artinya terdapat pengaruh terhadap hasilbelajar peserta didik yang memakai model pembelajaranExample Non Example. Jadi disimpulkan penggunaan model pembelajaran Example Non Example bisa memberikanpengaruh kepada peningkatkan hasil belajar.

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.