Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP se-Kota Medan
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan pribadi manusia untuk menerapkan pengetahuan juga keahlian mengenai sains dalam setiap tempat dan situasi yang nyata dan berbeda. Kemampuan literasi sains dapat membantu siswa dalam memahami lingkungan dalam kehidupan, kesehatan, ekonomi, serta masalah-masalah lain yang akan dihadapi oleh masyarakat di era abad-21 yang sangat bergantung pada kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan (IPTEK). Kompetensi literasi sains merupakan salah satu ranah studi Programme for Internasional Student Assessment (PISA). Dalam perkembangannya, PISA pada tahun 2015 menetapkan aspek pengetahuan atau konten sains merupakan konsep-konsep dasar sains yang diperlukan untuk memahami fenomena alam dalam perubahan yang dilakukan alam melalui kegiatan manusia, relevan dengan situasi nyata (fakta), dan merupakan pengetahuan penting untuk berjangka panjang. Sedangkan, aspek kompetensi atau proses sains merupakan aspek dari literasi sains yang dapat diartikan sebagai proses seseorang dalam menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan masalah ilmiah. Tujuan dari aspek ini untuk membangun kemampuan literasi sains pada siswa yang berlandaskan pada logika, penalaran dan analisis kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujungan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan pada aspek pengetahuan dan kompetensi siswa.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kota Medan tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling dengan ketetapan sampel wilayah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan, SMP Swasta ST. Yoseph Medan dan SMP Swasta Ignasius-Entrepreneur School Medan dengan jumlah responden 90 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbasis literasi sains yang diadopsi dari soal PISA 2015 dan wawancara.Berdasarkan hasil jawaban soal tes berbasis literasi sains siswa diperoleh kemampuan literasi sains siswa aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP se-Kota Medan tergolong kategori kurang sekali dengan persentase skor sebesar 45,34%. Kemampuan literasi sains siswa aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP se-kota Medan tergolong kategori kurang dengan persentase sebesar 53,52%. Dapat disimpulkan kemampuan literasi sains siswa kelas VIII se-Kota Medan pada kedua aspek tersebut masih tergolong kategori kurang dan perlu ditingkatkan.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 21 timesPDF - 14 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.