PENGEMBANGAN BUKU SAKU TUMBUHAN ANDALIMAN (Zanthoxylum acanthopodium DC.) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP N 1 LAGUBOTI

Widyastuty Falentina Tamba, Tumiur Gultom, Hasruddin Hasruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Buku Saku Tumbuhan Andaliman sebagai sumber belajar siswa berdasarkan tanggapan ahli materi, ahli media serta siswa. Penelitian buku saku tumbuhan andaliman menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi sampai tahap development, sehingga model 4-D dimulai dari pendefenisian, perancangan kemudian pengembangan. Uji coba produk dilakukan di SMP N 1 Laguboti. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa telah memenuhi kriteria kualifikasi dan mendapat skor rata-rata 92,71% dan 89,15% dari ahli materi pelajaran dan ahli media yang termasuk dalam kriteria sangat layak, hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku yang dihasilkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa. Sedangkan rata-rata nilai dari kelompok perorangan sebesar 86,88% yang termasuk kedalam kriteria sangat layak, rata-rata nilai 89,53% dari kelompok kecil yang termasuk dalam kriteria sangat layak dan rata-rata nilai 87,39% dari kelompok terbatas yang termasuk kedalam kriteria sangat layak. Keseluruhan buku saku yang dikembangkan sudah sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas IX pada materi keanekaragaman makhluk hidup di SMP N 1 Laguboti.

Kata kunci: Buku saku, andaliman, sumber belajar


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Asbur, Y.K. (2018). Pemafaatan Andaliman (Zanthoxylum acantopodium DC.) Sebagai Tanaman Penghasil Minyak Atsiri. Jurnal Kultivasi, 17(1): 537-543.

Fitriani, L & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(2):143-151.

Lestari, P. B, & Hartati, T. W. 2017. Analisis pengembangan bahan ajar mikrobiologi berbasis inkuiry di IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. 10 (2).

Mukminah., Sukroyanti, B. A., Fuaddunazmi, M. 2015. Pengaruh Penggunaan Pocket Book Siswa Dengan Teknik Evaluasi Media Puzzle Ceria Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Lensa. 3 (2) :288-293.

Prasetyo, Z. K. 2011. Laporan Penelitian: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sain Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas Serta Menetapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R., Kasrina., Jumiarni. 2020. Pengembangan Buku Saku Berbasis Penelitian Pengaruh Ampas Tebu Sebagai Media Tanam Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) Untuk Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1):86-93.

Setiyaningrum. (2020). Pengembangan Buku Saku Sebagai Bahan Ajar Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Jomblang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol 8(2).

Sulistyani, N.H.D., Jamzuri & Rahardjo, D.T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Pocket Book Pada Materi Kinematika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1):164-172.

Sulistryo, Basuki. (1994). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap

(MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33.

Surbakti, R.P., Novita, S.S., Erawati, A., dan Tumiur, G. (2021). Efektivitas Buku Saku Tumbuhan Endemik Sumatera Utara Untuk Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Kaldera Toba. Jurnal Citra Bio Kaldera, 1(1): 23-25.

Taufik. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Inti Prima.Charoenvai, S., (2014), A New Material from Recycled HDPE and Durian Peel Fiber, The 5th TSME International Conference on Mechanical Engineering 17-19th December 2014, The Empress, Chiang Mai.

Thiagarajan, S., Semmel, M.I., & Semmel, D.S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: The Center for Innovation in Teaching the Handicapped (CITH).


Article Metrics

Abstract view : 86 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.