ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII MTS CERDAS MURNI
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk: a) mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis materi Pencemaran Lingkungan kelas VII MTs Cerdas Murni dan b) mengetahui kemampuan siswa dalam berpikir kritis kelas VII MTs Cerdas Murni pada setiap indikator kemampuan berpikir kritisnya. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Subjek penelitiannya siswa kelas VII MTs Cerdas Murni dengan satu kelas dan jumlahnya sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dengan tes kemampuan berpikir kritisnya siswa berjumlah 12 soal essay serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian yang didapatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis saat pretest 35,70 (rendah). Hal ini disebabkan pembelajaran siswa yang masih berfokus terhadap guru. Sedangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis saat posttest setelah diberikannya pembelajaran yang akan mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis yakni menggunakan model PBL diperoleh data 62,70 (sedang) dengan hasil observasi kemampuan siswa dalam berpikir kritis saat pembelajaran sebesar 78,9 (baik). Hal ini dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis siswa perindikator yaitu pada indikator memberikan penjelasan sederhana sebesar 56,29 (rendah), indikator membangun keterampilan dasar 78,14 (sedang), indikator menyimpulkan 74,56 (sedang), indikator memberikannya penjelasan lebih lanjut 71,85, serta indikator menyusun strategi dan taktik 70,06.
Kata kunci: Berpikir kritis, pencemaran lingkungan, model PBL
Full Text:
PDFReferences
Agboze, M. U., Onu, F. M., & Ugwoke, E. O. 2013. Enhancement of Critical Thinking Skills of Vocational and Adult Education Students for Enterpreneurship Development in Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(17): 116-124.
Clarisa, Fatma, L., R., Fauziah, N., Khairunnisa, H., Nabila, K., &Siti, M., (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar Ring Materi Daerah Integral dan Field. Farabi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 4(1), 52-60.
Hutagaol, M, W., (2021) Analysis of Sciences Student Problem Solving Skilss at Junior High School Students IPA Lessons. Indonesian Science Education Research (ISER). 3(2), 20-24
Fatmawati, E., T., & Sigit, S., (2018). Efektifitas Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademik. 2(2), 163-171.
Lavokos, T. (2011). Critical and Creative Thinking in the English Language Classroom. International Journal of Humanities and Social Science, 1(8), 84-85.
Lestari, E., K., & Mokhammad, R., Y., (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lubis, R., H. (2020). Improvement of Student Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning Models. Indonesian Science Education Research (ISER). 2(2), 1-6
Nainggolan, S., D., Cicik, S., & Elista, S., (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan. 6(3), 174-178.
Nugraha, A., J., Hardi S., & Endang S., (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains san Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. (6)1, 35-41.
Ristato, R., H., Refirman, D., Erna, H., & Ilmi, Z., I., (2020). Enhancing Students’ Biology-Critical Thinking Skill Through CIRC-Based Scientific Approach (Cirsa). Universitas Journal of Education Research.8(4A), 1-8.
Rohmah, N., Suryo W., & Yuni K., (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 945-953.
Rokayana, N., W., & Nur E., (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Science Education Journal. 1(2), 84-91.
Saputri, A., C., Sajidan, Yudi, R., Afandi, & Nanik M., P., (2019). Improving Student' Critical Thinking Skill in Cell-Metabolism Learning Using Stimulating Higher Order Thinking Skills Model. International Journal of Instruction. 12(1), 327-342.
Wulandari, I., P., Rochmad, & Sugianto. (2020) Critical Thinking Ability in Term of Adversity Quotient on DAPIC Problem Solving Learning. UJMER. 9(1), 52-60.
Article Metrics
Abstract view : 180 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.