PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Model pembelajaran Example Non Example yakni model pembelajaran dengan memakai alat dapat seperti gambar atau video dengan topik cahaya dan alat optik. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui apakah diperoleh pengaruh model pembelajaran Example Non Example pada hasil belajar. Desain penelitian menggunakan Quasy Experimental Design dengan responden sebanyak 50 orang dikelompokan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel berasal dari kelas VIII-1 dan VIII-2. Pemilihan kelas memakai teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dipakai yaitu wawancara, angket dan tes pilihan ganda dengan cara membandingkan Pre-Test dan Post-Test. Data yang telah ada setelah itu dianalisa serta disajikan pada bentuk tabel dan diagram. Dilaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh bahwa data normal dan homogen setelah itu uji hipotesis menggunakan uji-t. Untuk uji-t dengan pengambilan keputusan dalam uji Independent Samples Test diperoleh dimana uji hipotesis diterima, nilai sig (2-tailed) (0,005) < 0,05 Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Example Non Example kepada hasil belajar peserta didik. Dengan perbedaan mean Post-Test dari kedua kelas yaitu eksperimen (82.6668) dan kontrol (73.0672). Yang artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang memakai model pembelajaran Example Non Example. Jadi disimpulkan penggunaan model pembelajaran Example Non Example bisa memberikan pengaruh kepada peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: Model pembelajaran example non example, hasil belajar, cahaya dan alat optik
Full Text:
PDFReferences
Anisa., (2012), Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi, Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2): 36-42.
Arikunto, S., (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani., (2011), Strategi Belajar Mengajar,
Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, J., (2014), Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Ghalia Indonesia.
Krathwohl, D. R., (2002), A revision of Bloom’s Taxonomy, An overview, Theory into Practice, 41(4): 212-218.
Kusuma, Y., Sulianto, J. & Purnamasari, V., (2018), Keefektifan Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas III, Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2): 167-172.
Lestiawan, F. & Johan, A. B., (2018), Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan, Jurnal Taman Vokasi, 6(1): 98-106.
Lufri, L., Amrianto, A. & Anhar, A., (2019), Pengaruh Metode Example Non Example terhadap Kompetensi IPA Peserta Didik Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup, Jurnal Ta’dib, 22(2): 99-10.
Nugroho, A., (2011), It’s Easy Olah Data dengan SPSS, Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Pratiwi, A. A., Agung, G & Margunayasa (2019), Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Alat Praga terhadap Hasil Belajar IPA, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2): 159-168.
Sinaga, A., (2018), Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Example Non Example, Jurnal Global Edukasi, 1(6): 687-692.
Sugiyono., (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung: PT Alfabeta.
Wardika, K., Sulastri, M. & Dibia, K., (2014), Pengaruh Model Example Non Example terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring, Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha , 2(1): 1-10.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/pembelajaran-tatap-muka-terbatas sebagai -solusi-di-masa-pandemi-covid-19 Diakses 14 Februari 2022 jam 14.20
https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awalmaret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari Diakses 14 Februari 2022 jam 14.00.
Article Metrics
Abstract view : 85 timesPDF - 51 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.