ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI MTs NEGERI 1 LABUHANBATU UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia dan faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Labuhanbatu Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil secara random sampling dengan jumlah 56 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Soal yang diterapkan pada siswa dikembangkan berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Ennis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa MTs Negeri 1 Labuhanbatu Utara masih termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 62. Kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan manusia dominan berada pada kategori kurang dengan persentase 68%, disusul dengan kategori baik dengan persentase 16%, kemudian kategori cukup 14% dan kategori sangat baik 2%. Berdasarkan aspek kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut dari yang tertinggi hingga terendah berdasarkan rata-ratanya adalah aspek membuat penjelasan lebih lanjut indikator mengatur strategi dan taktik , indikator memberikan penjelasan sederhana , indikator membangun keterampilan dasar dan indikator menyimpulkan . Faktor yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis yaitu faktor situasional dan faktor disposisi. Faktor situasional yang sangat berpengaruh dalam berpikir kritis adalah accountable sedangkan faktor disposisi yang sangat berpengaruh adalah pembiasaan dan latihan serta metode pengajaran. Selain itu perkembangan intelektual, interaksi kepada orang lain, motivasi belajar juga dapat memengaruhi kemampuan berpikir kritis seseorang.
Kata kunci: Berpikir kritis, sistem pencernaan manusia, faktor
Full Text:
PDFReferences
Agnafia, D. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajaran, 6 (1), 45-53.
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2): 94-99.
Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Arikunto, & Suharsimi. (2006). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Asrawati, A. A., Bustamin, B. B., & Tureni, D. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif learning together dengan media gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem organisasi kehidupan di kelas VII C SMP Negeri 1 Tomini.e-JIP BIOL, 5(1).
Baylon, E. M. (2014). Effects Of Classroom Assessment On The Critical Thinking And Academic Performance Of Students. Asia Pacific Journal Of Multidisciplinary Research. 2(1): 205-208.
Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2009) Teacher Perception of Critical Thinking Among Students and Its Influence on Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 20(2), 198-206.
Crowell, A., & Kuhn, D. (2014). Developing dialogic argumentation skills: A 3-year intervention study. Journal of Cognition and Development, 15(2): 363-381.
Ennis, R. H. (1985). Goals for a Critical Thingking Curriculum: In Al Costa(ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thingking. Alexandria. ASCD.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengebangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1): 95-101
Fatimah, F., & Widiyatmoko. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengaran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2): 146-153.
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2017). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2): 71-76.
Hadayati, N., Ayu, N., & Wahyu, A. (2019). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Akademik Mahasiswa. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya (JB&P), 6(2): 45-49.
Hasruddin, & Lumbangkup, E. (2021) Keterampilan Berpikir Tingkat Dan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 9(1): 039-043
Hidayatus, S., & Marzuki, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biolearning Journal, 8(1): 20-23.
Himawan & Ivan. (2014). Kontribusi Presepsi Tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali TA 2012/2013. Skripsi UNS, Surakarta
Ilmi, M., & Lagiomo, L. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(2): 39-51.
Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Ramdani, A., & Azizah, A. (2019). Profil Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidik IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 5(1).
Kartimi & Liliasari. (2012). Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis pada Konsep Termokimia untuk SMA Peringkat Atas dan Menengah. Jurnal pendidikan IPA Indonesia. 1(2): 21-26.
Khayati, D. N., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skills Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3): 433-442.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan. 3(5): 175-179.
Koropit, R., Wurarah, M., & Worang, R. L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Strategi (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 3 Tondano. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2): 116-120.
Kurniahtunnisa. Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3): 310-318.
Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3): 254-261.
Manik, N. Y., & Simatupang, Z. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3): 290-296.
Maulana. (2008). Pendekatan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, (10): 39-46.
Mauliana, W., Suwatno & Budi, S. (2020) Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1): 67-82
Masita, P. N., Mahanal, S., & Suwono, H., (2016), Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA, Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016. Malang. hal:1-2
Mertes, L. (1991). Thingking and Writing. Middle School Journal, 22(5): 24-25.
Miswari, M., Silitonga, M., & Fajriyah, F. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1): 110-117.
Mustajab, W., Hadi, S.S., & Waspada, I. (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. II: 52-56.
Nainggolan, S. D., Suriani, S., & Sianturi, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas XI IPA SMA Swasta Yapin Biru-Biru. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(3): 174-178.
Naputri, R. F., Syarifuddin, & Djulia, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia di MAS Amaliyah Sunggah. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2): 119-130.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1): 35-43.
Patonah, S. (2014) Elemen Bernalar Tujuan pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Metakognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(2), 128- 133.
Purwanto, J., & Winarti. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1): 8-18.
Rahmawati, R., Muttaqin, M., & Listiawati, M. (2008).Peran Permainan Kartu Uno dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. 9(2): 6474.
Rahmi. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Kreatif Siswa Materi Dunia Tumbuhan. Jurnal EduBio Tropika, 1(2): 72-78.
Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1): 10-15
Saadah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrokarbon untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2): 184-194.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Porses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). Profil Dan Kelayakan Teoretis LKPD “Sistem Pencernaan” Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatih
Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2): 403-411.
Soulissa, S. M., Smith, A., & Matdoan, M. N. (2020). Hubungan Bahan Ajar Ebook Berbasis Android dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bula. Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan. 6(2): 109-116.
Suatini, N. K. A. (2019). Langkah-Langkah Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa. Jurnal Ilmu Agama. 2(1): 41-50.
Surya, E., Khairil, & Razali. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika. 2(1): 135-145.
Susilo, A. B. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningktkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 1(1): 12-20.
Sutinah. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Takwin, B. (1997) Hubungan Antara Berpikir Kritis dengan Nilai dan Situasi Acountable. Depok: Fakultas Psikologi UI
Utami, M. F. L. B. (2017). Penerapan Strategi Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA.
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 3(1): 483-490.
Wartiningsih, P., & Herawati, S. (2016) Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Tumbuhan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana. 1. Universitas Negeri Malang
Wijayanti, D. A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di SD No. 1, 2, dan 3 Kaliuntu Gugus X Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Zafri, (2012) Berpikir Kritis Pembelajaran IPA. Jurnal Diakronika FIS UNP.
Article Metrics
Abstract view : 659 timesPDF - 374 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.