Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII Sekecamatan Medan Marelan T.A 2022/2023.

Nur Ikhwanina Amri nur nst, Wina Dyah Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar peserta didik dikelas VII Sekecamatan Medan Marelan, mengetahui hasil belajar Peserta didik dalam materi Pencemaran Lingkungan kelas VII Sekecamatan Medan Marelan, untuk mengetahui hubungan (korelasi) gaya belajar dengan hasil belajar Sekecamatan Medan Marelan pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah sekolah SMP N 20 Medan dengan jumlah 30 siswa, SMP Harapan Mekar dengan jumlah 30 siswa, dan Mts Babul Ulum dengan jumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu lembar angket gaya belajar dan lembar tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil dalam penelitian adalah Dari ketiga sekolah tersebut terdapat pada gaya belajar siswa kelas VII sekecamatan medan marelan didominasi oleh gaya belajar visual dengan persentase 72,79% dengan jumlah siswa sebanyak 41 orang, gaya belajar auditori yang juga mendominasi dengan persentase paling sedikit yaitu 70,57% dan jumlah siswa sebanyak 23 orang, gaya belajar kinestetik dengan persentase 72,41% dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Hasil belajar yang telah dilakukan oleh siswa kelas VII SMP harapan mekar, Mts Babul Ulum dan SMP Negeri 20 Medan berada pada kualifikasi baik. Dari ketiga sekolah tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas VII Sekecamatan medan marelan dengan masing–masing tingkat hubungan yaitu sangat kuat (visual), sedang (auditorial) dan sedang (kinestetik).

Full Text:

PDF

References


De Porter, B., & Mike, H. (2011). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa.

Dimyati & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Farid, M. M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Pada Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Wringinanom. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 2(2), 142-156.

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal Media Edukasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (Meditek), 1(2), 1-9.

Kementerian Agama RI. (2015). Keberhasilan Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Indonesia, 2022.

Nurhidayah, B. (2020). Analisis literasi sains mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi di Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Pendidikan biologi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2004). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syukur, M., & La M. (2016). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 4 Kendari, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 153-166.

Taiyeb, A.M. & Nurul, M. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tenete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 153-165.


Article Metrics

Abstract view : 25 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.