Model Project Based Learning (PjBL), STEM, Uji Manova, Uji Korelasi, Uji N-Gain, Literasi Sains dan Berpikir Kreatif.

budi harianto, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model Project Based Learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan, dan (2) untuk mengetahui hubungan Project Based Learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap literasi sains dan berpikir kreatif pada materi sistem pencernaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Harapan Medan. Desain penelitian menggunakan two group pretest-posttest design. Pengujian data dilakukan dengan Uji Manova, Uji Korelasi dan Uji N-Gain. Hasil penelitian diperoleh : (1) Uji manova terdapat dua uji yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) pendekatan STEM terhadap kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan di SMP Harapan Mekar Medan, (2) Uji Korelasi diperoleh nilai sebesar 0,750 > 0,05 disimpulkan bahwa antara kemampuan literasi sains dan berpikir kreatif tidak memiliki hubungan, dan (3) Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,66 (sedang) terhadap kemampuan literasi sains dan 0,51 (sedang) terhadap berpikir kreatif. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 66% terhadap kemampuan literasi sains dan 51% terhadap berpikir kreatif melalui penerapan model PjBL pendekatan STEM pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VII SMP Harapan Medan. 

Full Text:

PDF

References


Afriana, J., Permanasari, A., dan Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–209. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Afriana, J., Permanasari, A., dan Fitriani, A. (2022). Pengaruh PjBL-STEM Terhadap Literasi Sains dan Problem Solving Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 627–638. https:// doi: 10.26811/didaktika.v6i2.551

Agustin, S., Asrizal, A., dan Festiyed, F. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA Bermuatan Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.19606

Aini, M., Ridianingsih, D. S., dan Yunitasari, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis STEM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(4), 247–253. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118

Angin, R. Z. P. (2020). Penerapan STEM Pada Pembelajaran IPA Materi Bioteknologi. Prosiding Seminar Nasional V 2019, 300–307. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3606/3567

Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arends, R. I. (2012). Learning To Teach, Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Astuti, I. D., Toto, T., dan Yulisma, L. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93–99. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1915

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., dan Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774

Dewantari, N., & Singgih, S. (2020). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(2), 366–371. https://doi.org/10.31002/nse.v3i2.1085

Dewi, N, S, K., Arnyana, I & Margunayasa, G. (2023). Project Based Learning Berbasis STEM: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 6(1), 133–143. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59857

Dewi, S., Mariam, S., dan Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 1–9. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/search/search?query=CONTEXTUAL+&authors=&title=&abstract=&galleyFullText=&suppFiles=&dateFromMonth=&dateFromDay=&dateFromYear=&dateToMonth=&dateToDay=&dateToYear=&dateToHour=23&dateToMinute=59&dateToSe

Eliza, F., Suriyadi, S., dan Yanto, D. T. P. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 57–66. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.427

Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888

Havita, V. N., Sjaifuddin, Saefullah, A., Nulhakim, L., Ayu, D., & Rostikawati. (2021). The Effect of Using Project Base Learning (PjBL) Models on Students’ Creative Thinking Skills in Solar System Materials. (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Hardiansyah, H., Ismail, I., dan Rahman, Y. (2021). Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 113-123.

Jauhariyyah, F. R., Suwono, H., dan Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 432–436. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/view/1099

Krismanita, R., & Qosyim, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 159–164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37336

Kumdang, P., Kijkuakul, S., dan Chaiyasith, W. C. (2018). An Action Research on Enhancing Grade 10 Student Creative Thinking Skills using Argument-driven Inquiry Model in the Topic of Chemical Environment. Journal of Science Learning, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i1.11995

Lestari, S & Yumono, A, A., (2022).Choaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Yoygakarta: Kun Fayakun.

Lutfi, Ismail, dan Azis, A. A. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., dan Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 12–84. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034

Melati, L. T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 59–65.

Meltzer. & David, E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparational Conceptual Learning Gain in Physics:A Possible Inhidden Variablei in Diagnostic Pretestt Scores. Ames: Departement of physics and Astronomy, Lowa State University.

Muhammad, F., & Rusilowati, A. (2020). Penerapan Pendekatan MIKiR Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 9(2), 77–83.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455–461.

Mursabdo. (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based learning (PjBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 7 (1).

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Barisan Bilangan. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34–41.

Nirmayani, L, H., & Dewi., P., (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 378–385.

Ningsih, S. I. P. (2020). 9893-18398-1-Pb. Pillar of Physics Education, 13(3), 443–450.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

OECD. (2019). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD Publishing, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

PISA, O. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Pradita, Y., Mulyani, B., dan Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1), 89–96. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/5171

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Di Tinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118–2124

Putri, M, D., (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(1), 9-17.

Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ipa II, 15–22. https://ojs.unm.ac.id/semnaspendipa/article/view/26186/13226

Rohmah, U. N., Zakaria Ansori, Y., & Nahdi, D. S. (2018). Pendekatan Pembelajaran STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 5(3), 152–162. google schoolar

Rusdi, A., Sipahutar, H., & Syarifuddin (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Terhadap Sains dengan Literasi Sains pada Siswa Kelas XI IPA MAN. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 72–80.

Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika STEM pada Materi Fungsi Kuadrat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.567

Sutrisna, N., dan Sasmita, P. R. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 5(2), 34-39.

Tjalla, A. (2009). Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional. [Online]. Tersedia di: http://pustaka.ut.ac.id/pdfartikel/TIG601.pdf [Diakses 1 Januari 2014].

Yaqin, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Inside-Outside-Circle (Ioc) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Paciran. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.33366/ilg.v5i1.3336

Yulianto, A., Fatchan, A., dan Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448–453.

Yuyu, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Zubaidah, Siti, dkk. (2017). Buku siswa kelas VIII Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.