Problem Based Learning ( PBL ), Sistem Pernafasan, Hasil Belajar, dan SPSS 27.0

dimas aji tri fajar putra, Abdul Hakim Daulae

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli pada materi Sistem Pernapasan T.P. 2022/2023. Populasi dalam penelitian di SMP Negeri 1 Labuhan Deli ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 249 siswa. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak .Kelompok yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII-4 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan yang menjadi kelompok yang menjadi kelas kontrol adalah VIII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang .Penelitian ini menggunakan pre-test post-test group design. Penelitian dengan disain ini akan menghasilkan data tentang perbedaan hasil belajar dari kedua grup sampel. Hasil uji validitas menggunakan SPSS 27.0 for windows. Uji hipotesis ini dilakukan untuk melihat adanya perbedaan hasil tes siswa dari kelompok eksperimen dengan model pembelajaran PBL dan kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Uji ini dapat dilakukan dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t Test) dalam program SPSS 27.0 for windows. Dari perhitungan yang dilakukan, jika hasil Uji- t menunjukkan taraf signifikan lebih dari (α > 0,05) maka hasil perhitungan tersebut menunjukkan taraf signifikan antar perolehan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan sehingga Ha ditolak. Apabila hasil perhitungan menunjukkan taraf signifikan kurang dari 0,05 (α < 0,05) maka hasil perhitungan tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan antara perolehan data sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan, sehingga Ha diterima. 

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Reno Auliya & Djatmiko Andreas Andrie. (2019). Pemanfaatan Media Sosial (Group Whatsapp) Dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa Di Luar Jam Sekolah Di SMK Negeri 2 Tulungagung. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13 (1): 1-7.

Bensulong, Akifee., Fitrian Nur Afifah., & Isna Zumrotus Solikhah. Penggunaan Whatsapp Dan Google Form Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK N

Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10 (1): 85- 90.

Susilawati, Novi., Ruliani., Rizanna Rosemary. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 8 (1): 1-17.


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.